Kamu Harus Tahu Wilayah Indonesia yang Rentan Bencana


Letak geografis Indonesia dengan gugusan gunung aktif dan banyak pulau merupakan keindahan alam indonesia tidak dapat di pungkiri. Keragaman budaya yang dimiliki juga sangat banyak. Sehingga indonesia menjadi tujuan wisata dari berbagai wisatawan dunia. kita patut berbangga dengan apa yang dimiliki Indonesia, terutama sumber daya alamnya yang melimpah, begitu pula masyarakatnya. Bangsa indonesia juga merupakan bangsa dengan jumlah penduduk terbanyak no 3 di dunia. 

Keindahan alam yang dimiliki Indonesia tidak luput dari bencana yang juga datang, Banyaknya gunung yang aktif berarti masyarakat harus siap dengan gunung yang meletus secara tiba-tiba. Meskipun begitu, biasanya selalu ada peringatan oleh Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) atau Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Informasi terkait peristiwa alam selalu di update oleh lembaga ini di sosial media yang punya. Gambar dibawah ini memperlihatkan titik rawan gempa di Indonesia.

Meskipun demikian terbukti masyarakat masih belum siap menghadapi bencana-bencana yang datang. Sebelumnya aku pernah menonton sebuah talkshow di TV terkait bencana yang menimpa Indonesia baru-baru ini. Ternyata banyak titik rawan bencana yang ada di Indonesia, karena indonesia berada di cincin api/rentan bencana. Musibah yang menimpa tidak dapat terelakan karena masyarakat belum keseluruhan diberikan pemahaman tentang mitigasi bencana. 

Masyarakat indonesia masih tidak mengetahui dimana saja titik rawan terjadinya bencana, selain itu simulasi untuk menghadapi bencana belum dirasa oleh seluruh masyarakat Indonesia. Ternyata hal ini terkendala oleh biaya selain itu alat pendeteksi bencana seperti tsunami tidak semua aktif dan tidak semua merata di wilayah Indonesia.

Indonesia harus mulai tanggap bencana, mitigasi bencana harus menjadi skala prioritas. Karena bencana datang tiba-tiba dan sulit untuk di prediksi, kapan saja bisa datang, oleh karena itu setiap orang harus siap menghadapinya. Beberapa kali bencana terjadi banyak menimbulkan korban jiwa yang tidak sedikit, infrastruktur yang rusak dan masih banyak lagi hal yang dirugikan jika masyarakat tidak tanggap dan sigap dalam menghadapinya.Gambar dibawah ini menjelaskan titik gunung aktif


Kita bisa berkaca dengan negara yang tertimpa becana seperti jepang. Jepang termasuk negara yang dikatakan siap dalam menghadapi bencana. Tsunami besar yang terjadi di jepang mampu diatasi dan masyarakat disana tidak panik menghadapinya. Seharusnya indonesia bisa belajar kiat-kiat apa saja yang dilakukan sehingga bisa menghadapi bencana yang terjadi.

Indonesia saat ini memang berduka, gempa Lombok yang belum usai, disusul oleh gempa dan tsunami di Palu dan Donggala serta daerah lainnya di Sulawesi Tengah membuat rakyat sedih. Hal ini menjadi pembelajaran bagi bangsa Indonesia dan juga pemerintah. Semua elemen masyarakat saling kerjasama membantu daerah yang terkena bencana agar kembali pulih. 


Memang tidak mudah bagi rakyat yang terkena bencana seperti kehilangan keluarga yang mungkin tidak bisa diganti dengan apapun, psikis mereka harus berangsur pulih, selain itu anak-anak yang banyak kehilangan orangtua harus segera didata agar diberikan tempat untuk membangun kepercayaan diri mereka lagi.

Semoga dengan banyaknya peristiwa alam yang terjadi membuat Indonesia lebih kuat, lebih bisa berbenah/mengevaluasi apa yang dilakukan sebelum terjadi bencana, saat bencana dan setelah terjadinya bencana, agar masyarakat memiliki persiapan dalam setiap kondisi yang ada. Seharusnya tidak lagi ditayangkan di media tentang tsunami yang menelan korban jiwa, cukup tampilkan hal mampu membangun daerah itu menuju kearah yang baik dan mampu bangkit dari bencana yang menimpa, jika terus ditayangkan video tsunami yang terjadi akan menimbulkan kembali ingatan tentang bencana, sebaiknya diberikan tayangan yang bisa membangun psikis masyarakat lebih baik lagi.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Raih Prestasi Internasional Berkat Menulis

Bernostalgia di Aplikasi Facebook

Writing By Heart