Lindungi Hak Pilihmu




Pemilihan umum 2019 tinggal menghitung hari. Sudahkah kita menyiapkan diri untuk memilih siapa yang pantas nanti menjadi pemimpin di Indonesia? Atau mulai bosan dan berniat golput saja? Hati-hati rasa ketidak pedulian yang timbul dalam hati akan mengakibatkan kerugian. 

Pemilu tahun ini aku harus mengurus segala persiapan formulir A5 (surat pemberitahuan daftar pemilih tambahan)  karena tempat kerjaku berada di rantau jadi aku harus melaporkan untuk mendapatkan hak pilih di pemilu nanti.
Pagi jam 7 pagi aku bersiap mengunjungi kantor Komisi Pemilihan Umum Kota Tangerang Selatan yang berada di Rawa Buntu. Menuju kelokasi juga tidak memakan waktu banyak, aku hanya perlu naik kereta dan berhenti di stasiun rawa buntu setelahnya aku naik gojek menuju lokasi. 

Ternyata pagi sudah banyak orang yang mengantri untuk pengurusan surat A5 dan juga surat laporan lain tentang pendataan hak pilih. Aku pergi dengan temanku dan kami sudah bersiap untuk menunggu antrian panggilan. Aku melihat bahwa ada beberapa berkas yang perlu dipersiapkan. Maklum aku belum tahu betul meskipun sudah mencari informasi, ku pikir nanti bisa dilihatkan saja foto berkasnya di Handphone, melihat banyaknya orang yang memilih untuk mengcopy data seperti Kartu Keluarga (KK) dan E-KTP (Kartu Tanda Penduduk Elektronik) aku juga bergegas untuk melakukan hal yang sama. Selain itu, aku juga melihat data pemilih tetap di web KPU.

Pelayanan disini sangat baik. orangnya cukup ramah dan mengarahkan kami untuk mengisi data yang perlu di isi dan mempersilahkan kami menunggu. Meskipun  menunggu memang hal yang membosankan, tetapi dengan sabar aku menanti surat tersebut jadi. Semakin siang semakin ramai, akhirnya namaku di panggil dan aku di arahkan untuk datang ke kantor kelurahan tempat domisili ku sekarang untuk menentukan Tempat Pemungutan Suara (TPS) nantinya. 

Aku memutuskan untuk tidak langsung ke kantor kelurahan karena aku harus masuk kerja. Jadi aku memilih esok harinya.

Aku melakukan pengurusan hak pilih dalam pemilu ini bukan karena alasan, hal ini ku lakukan sebagai bentuk aspirasi dan kewajiban sebagai warga negara yang baik. meskipun aku belum menentukan calon yang mana nantinya yang aku pilih setidaknya nanti aku sudah tahu memilih siapa dengan melihat rekam jejak dan berbagai literature untuk memantapkan pilihan. 

Ayo segera urus hak pilihmu, jika belum terdata segera laporkan dan jika kamu berada di rantau langsung saja ke kantor KPU untuk mendapatkan hak pilihmu. Jadilah warga negara yang aktif dalam  setiap pesta demokrasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Raih Prestasi Internasional Berkat Menulis

Bernostalgia di Aplikasi Facebook

Writing By Heart