Menulis Biografi

 




Oleh            : Pipi Miralini

Resume       : 23

Gelombang : 29

Tanggal       : 18 Agustus 2023

Tema           : Menulis Biografi

Narasumber: Lely Suryani, S.Pd. SD

Moderator   : Gina Dwi Septiani, S.Pd., M.Pd

 

Tanpa terasa pertemuan sudah memasuki pertemuan ke-23 di KBMN (Kelas Belajar Menulis Nusantara). Ayo semangat untuk menyelesaikan dengan baik segala tantangannya. Malam ini narasumber dengan Bu Lely Suryani, S.Pd.SD yang menyampaikan materi dengan cara yang tidak biasa. Kami diminta untuk mencari contoh tentang biografi maka bermunculan beberapa link tentang  biografi tokoh di grup KBMN.

Setelah mengirimkan link biografi tokoh, kami diminta untuk mengunjungi blog ibu Lely dengan lima pertanyaan yang cukup menarik, saya langsung menuliskan di blog beliau



Saya sebelumnya belum pernah sama sekali menulis sebuah biografi bahkan menulis autobiografi secara lengkap juga tidak pernah.

Kelas langsung dimulai dengan pertanyaan yang muncul dari beberapa teman di KBMN yaitu

1.   Apakah kriteria seseoranguntuk disebut sebagai tokoh?

Terkait dengan tokoh tergantung dari lingkungan yang menyebutnya. Jika dalam lingkup RT misalnya warga RT setempat yang mengetahuinya. Selain itu perlu dilihat bahwa kemampuan, keberhasilan-keberhasilan seseorang dalam bidang tertentu yang bisa menjadi motivasi, inspirasi banyak orang. Terkait tokoh di biografi adalah tokoh nyata bukan tokoh nonfiksi.

2.   Apa perbedaan biografi dengan  bionarasi?

Kalau biografi yaitu Riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain sedangkan bionarasi adalah sebuah kata yang dibentuk dari gabungan dua kata: Biodata dan Narasi. Dalam KBBI, biodata berarti Riwayat hidup singkat, sedangkan narasi berarti kisah atau cerita. Artinya bionarasi adalah sebuah biodata atau Riwayat hidup seseorang kemudian dijadikan sebuah tulisan dalam bentuk narasi.

 

Beberapa pertanyaan tentang cara menulis biografi dapat ditemukan dalam website melintas.id. Saya berusaha menyadur dari tulisan bu Lely di website tersebut. mengambil hal penting yang perlu diketahui untuk menulis biografi, berikut linknya: https://www.melintas.id/literasi/342754863/menulis-buku-biografi-secara-efektif-mudah-dan-cepat-ikuti-saja-aturan-mainnya-dijamin-tokcer?page=3

 

Apa manfaat dari menulis biografi?

Karena biografi adalah riwayat hidup seseorang yang merupakan tokoh, panutan dan memiliki prestasi yang lebih dari orang-orang kebanyakan, maka manfaat dari menulis biografi adalah:

1. Sebagai inspirasi 

Berkaitan dengan tokoh yang ditulis, setelah diketahui dari awal hingga pencapaianya, itu semua butuh perjuangan. Memerlukan kerja keras dan pengorbanan.

2. Sebagai motivasi.

Dengan menulis biografi seorang tokoh  bisa untuk memotivasi diri, agar lebih kuat lagi berusaha agar bisa sukses.

Apa saja struktur Biografi?

1. Orientasi.

Berisi tentang kisah yang memberikan informasi tentang latar belakang kisah/peristiwa, juga berkaitan dengan kapan, siapa, dimana dan bagaimana.

2. Peristiwa penting (important event, record of event)

Berisi tentang rangkaian  peristiwa  yang disusun secara urut sesuai waktu atau kronologisnya yang meliputi peristiwa-peristiwa penting sang tokoh.

3. Reorientasi

Berisi  kesimpulan dari peristiwa yang dialami oleh tokohnya. Namun, untuk struktur ini, sifatnya tidak wajib. Artinya, boleh digunakan atau boleh tidak digunakan pada penulisan biografi.

 

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Raih Prestasi Internasional Berkat Menulis

Bernostalgia di Aplikasi Facebook

Writing By Heart