Pemasaran Buku
Oleh : Pipi Miralini
Resume
: 20
Gelombang
: 29
Tanggal
: 9 Agustus 2023
Tema : Pemasaran Buku
Narasumber:
Agus Subardana, S.E., M.M
Moderator : Helwiyah, S.Pd., M.M
Pada
KBMN sebelumnya sudah mengenal tentang cara mempromosikan buku. Maka materi
selanjutnya masih berkaitan dengan judul pemasaran buku. Pemasaran buku ini
penting untuk mengenai tentang strategi pemasaran buku yang efektif dan efesien
serta dapat kita temukan cara-cara menarik yang akan membantu kita untuk
mencapai kesuseskan dalam mempromosikan dan memasarkan buku kepada pembaca yang
disampaikan oleh Pak Agust Subardana, S.E., M.M seorang direktur marketing dan
komunikasi dari penerbit Andi.
Strategi
pemasaran buku adalah rencana yang dirancang untuk mempromosikan dan mengkomunikasikan
buku kepada target audiens dengan tujuan meningkatkan penjualan dan visibilitas
buku tersebut. Strategi pemasaran buku yang dilakukan ada beberapa terobosan, terobosan
antara lain:
1.
Memasarkan buku melalui
online
Memasarkan
buku melalui online bisa menjadi cara yang efektif untuk mencapai audiens yang
lebih luas dan potensial. Berikut adalah beberapa Langkah yang dapat diikuti
untuk memasarkan buku secara online yaitu:
a.
Buat platform online: hal
yang dilakukan yaitu memiliki platform online yang bisa digunakan untuk
memasarkan dan menjual buku. Opsi termasuk
website pribadi, blog, atau toko online menggunakan platform seperti
WordPress, Shopify, atau WooCommerce. Tujuan pemasaran buku melalui platform
online sebagai berikut:
-
Mengkampanyekan informasi
produk secara luas kepada target pasar potensial.
-
Mendapatkan konsumen
baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada, sehingga loyalitas konsumen terjaga.
-
Menjaga stabilitas penjualan
saat kondisi pasar sedang lesu.
-
Meningkatkan penjualan
dan keuntungan
-
Membandingkan dan
menonjolkan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
-
Membentuk citra produk
yang diinginkan oleh konsumen. Mengubah perilaku, persepsi, dan pendapat
konsumen terhadap produk.
b.
Optimalkan website:
pastikan website anda menarik, mudah dinavigasi dan berfokus pada buku anda.
c.
Jual melalui toko
online: jika anda tidak ingin membangun website dari awal, anda dapat menjual
buku melalui toko online seperti amazon, eBay, Shoope, Bukalapak, Tokopedia
atau platform penjualan buku lainnya.
d.
Gunakan media sosial:
memanfaatkan platform media sosial seperti facebook, Instagram, twitter, dan linkedIn
untuk mempromosikan buku. Posting secara konsisten tentang buku, berbagi
cuplikan, ulasan dan cerita di balik proses penulisan bisa membantu menarik
perhatian audiens.
e.
Blogging: Tulis blog
atau artikel yang berkaitan dengan topik buku anda atau tema yang diangkat
dalam buku.
f.
Email marketing:
kumpulkan Alamat email dari pengunjung situs web atau pembaca yang berminat. Kirimkan
mereka pembaruan berkala tentnag buku baru, promosi, dan berita terkini.
g.
Kolaborasi dan review:
ajak kolaborasi dan blogger atau influencer yang memiliki audiens yang relevan
dengan buku anda. Mereka bisa menulis ulasan, membuat unboxing video, atau melakukan
wawancara dengan anda
h.
Penawaran khusus:
tawarkan promosi khusus seperti diskon khusus, bundel dengan produk lain, atau
edisi terbatas.
i.
Pengiklanan online:
pertimbangkan untuk menggunakan iklan online melalui p,atform seperti Google Ads
atau media sosial.
j.
Ulasan dan rekomendasi:
ajak pembaca yang telah membeli buku anda untuk memberikan ulasan dan
merekomendasikan kepada teman dan keluarga. Ulasan positif dapat membantu
membangun kepercayaan pada buku anda.
k.
Ebook atau Audiobook:
selain cetakan fisik, pertimbangkan untuk membuat versi ebook dan audiobook
dari buku anda. Ini memberi lebih banyak pilihan kepada pembaca yang lebih suka
format digital atau audio.
l.
Lacak dan evaluasi:
gunakan alat analitik untuk melacak kinerja kampanye pemasaran anda.
2.
Pemasaran buku melalui
komunitas
Pemasaran
buku melalui komunitas adalah startegi yang efektif dalam mempromosikan dan
menjual buku kepada khalayak yang lebih terkait dan berminat. Langkah-langkah yang
dapat dilakukan:
a.
Identifikasi komunitas
yang relevan: tentukan komunitas yang memiliki minat atau topik yang terkait dengan
isi buku anda. Ini bisa berupa komunitas online, kelompok diskusi, forum, klub
buku atau acara lokal.
b.
Bergabung dan
berinteraksi: bergabunglah dengan komunitas tersebut dan berinteraksilah dengan
anggotanya.
c.
Berbagi konten berharga:
mulailah dengan berbagi konten yang berharga terkait dengan topik yang ada
dalam buku. Bisa berupa artikel, infografis, kutipan buku atau saran praktis
yang relevan dengan anggota komunitas.
d.
Promosikan buku dengan
tepat: jangan terburu-buru untuk memasarkan buku secara langsung. Sebagai gantinya,
carilah cara yang lebih halus untuk mempromosikan buku anda. Misalnya, anda
dapat menyertakan tautan ke buku anda di tanda tangan email atau profil media
sosial.
e.
Berpartisipasi dalam
diskusi: berikan pandangan yang diselipkan informasi tentang buku
f.
Tawarkan dikson khusus:
berikan diskon kepada komunitas
g.
Bekerjasama dengan
pengelola komunitas: supaya bisa mengadakan acara Bersama
h.
Ulasan dan rekomendasi:
jika anggota komunitas membaca buku anda, ajak mereka untuk memberikan ulasan
dan rekomendasi
i.
Acara dan workshop:
pertimbangkan untuk mengadakan acara untuk workshop terkait dengan topik buku
anda.
j.
Jaga keterlibatan
jangka panjang: pemasaran melalui komunitas adalah tentang membangun hubungan
jangka panjang.
3.
Staregi pemasaran buku
melalui offline
Cara
yang dapat dilakukan:
a.
Toko buku fisik
Menempatkan buku di toko buku fisik
yang menjangkau pembaca lebih tradisional.
b.
Strategi pemasaran buku
secara offline melalui penjualan langsung tatap muka
Komentar
Posting Komentar