Guru Raih Prestasi Internasional Berkat Menulis

 


 

Oleh            : Pipi Miralini

Resume       : 27

Gelombang : 29

Tanggal       : 25 Agustus 2023

Tema           : Beprestasi dan Go Internasional Berkah Menulis

Narasumber: Rita Wati, M.Kom

Moderator   : Nur Dwi Yanti, M.Pd

 

Apakah seorang guru bisa melejitkan prestasi hingga sampai go internasional? Apa ya rahasianya? Sejauh mana tulisan memengaruhi perjalananya sehingga berhasil meraih banyak prestasi? Narasumber hari ini bu Rita menceritakan pengalamannya yang dimulai dengan meraih prestasi dan kesempatan belajar di CS50x Haarvard dan Volunteer ALCoB padahal beliau merasa hanya seorang guru biasa.

Awal ketertarikan Bu Rita dengan menulis sudah cukup lama sejak 2 dekade lalu tahu 2001 saat masih menjadi mahasiswa. Hal ini karena di latar belakangi dengan seorang teman yang juga penulis dan sudah menerbitkan buku. Namun keinginan untuk menulis terpendam tanpa ekskusi hingga pada tahun 2005 keinginan itu mulai menggebu kembali, Bu Rita mulai menulis cerpen karya sendiri dan mencoba menulis novel. Sayangnya ketidakpedean bu Rita mengalahkan cita-citanya dan tidak berani jika tulisannya dibaca orang. Bahkan Bu Rita sampai menjudge dirinya sendiri dengan kalimat “kamu tidak berbakat menjadi penulis”.

Lalu pandemi melanda dan bertemulah dengan kelas belajar menulis yang membuka pengetahuan Bu Rita dengan bertemu narasumber hebat. Pada pertemuan 1-5 resume yang dibuat hanya sekedar membuat resume saja. Mulai pada pertemuan ke 6 berpikir untuk membuat resume yang menarik tidak hanya copy paste hasil olah kata sendiri.

Diluar dugaan tulisan hasil olahan sendiri di share oleh omjay dan saat itu semangat Bu Rita semakin menggebu hingga selesai 30 kali pertemuan mulai diajak untuk menjadi kurator oleh ibu Kanjeng. Hingga terlahirlah 4 buku solo, 1 buku duet dan 10 buku antologi.

Setelah lulus dari KBMN, Bu Rita mulai aktif mengikuti lomba-lomba blog, sering mengunjungi blog-blog sang juara yang tulisannya expert sehingga banyak belajar dari hal tersebut, meskipun sempat menemui kekalahan namun akhinya dapat menjadi juara.

Rupanya menulis menjadi berkah bagi Bu Rita, menulis ternyata mampu menghasilkan finansial yang menjanjikan. Awalnya mendapatkan hadiah buku, tumbler, ATK, laptop hingga uang tunai.

Tips menulis yang diberikan Bu Rita yaitu:

1.     Menulislah topik yang disenangi

2.     Kuasai diri sendiri

3.     Tulis semua ide yang muncul

4.     Buat judul yang menarik

5.     Fokus pada topik pembahasan

6.     Perbanyak membaca buku sejenis

7.     Sering berlatih

8.     Pilih diksi yang tepat

9.     Sisipi dengan perumpaan

10. Melalukan riset

11. Ekspresi dan emosi dalam tulisan.

 

Kunci dari segalanya yaitu “Jangan Lelah menulis dan teruslah menulis”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bernostalgia di Aplikasi Facebook

Writing By Heart