Mengirim Tulisan ke Majalah Suara Guru

 

 



Oleh            : Pipi Miralini

Resume       : 24

Gelombang : 29

Tanggal       : 19 Agustus 2023

Tema           : Mengirim Tulisan ke Majalah Suara Guru

Narasumber: Catur Nurrochman Oktavian, M.Pd

Moderator   : Yandri Novita Sari, S.Pd

 

Memasuki pertemuan ke-24 dari 30 pertemuan. Tanpa terasa waktu berlalu begitu cepat. Senang rasanya telah menimba ilmu dan banyak diberikan pemahaman tentang dunia kepenulisan di KBMN. Malam ini ada moderator bu Yandri Novita Sari dengan narasumber Bapak Catur Nurrochman Oktavian yang memberikan materi melalui zoom dengan tema “Mengirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru”

Bapak Catur ternyata merupakan seorang kepala sekolah di Bogor dan baru saja dilantik. Beliau memiliki banyak kesiubukan dalam berorganisasi diantaranya menjadi redaktur pelaksana majalah suara guru.

Majalah suara guru pertama kali berdiri pada tahun 1945, saat ini sudah memasuki usia 70 tahun yang merupakan perjalanan yang cukup panjang. Majalah suara guru awalnya merupakan corong organisasi PGRI. Seiring berjalannya waktu majalah suara mengalami terus perkembangan sehingga dapat ke skala nasional.

Bagi guru yang ingin menerbitkan tulisanya di majalah tersebut akan mendapatkan nilai angka kredit 2. Hal ini tentu saja bisa untuk kenaikan pangkat.

Beberapa rubrik yang disediakan oleh majalah suara guru adalah:

1.   Rubrik organisasi

2.   Opini

3.   Eduatainment

4.   Destinasi

5.   Oase dan percik

6.   Bahasa

7.   Universitas dan sekolah

8.   Sejarah

9.   sastra

Untuk bisa memuat tulisan di majalah suara guru maka hal yang perlu diketahui yaitu:                                                                                                                   

1.   Tulisan harus orisinil bukan plagiat. Jika dalam penulisan diketahui ada plagiat maka akan diblacklist dari majalah suara guru.

2.   Menulis rubrik opini sebanyak 2 halaman A4. Tulisan dalam bentuk Times New Roman Dengan ukuran font 12. Banyak tulisannya yaitu 600-700 kata.

3.   Menulis destinasi 1 halaman A4 atau bisa sekita 200-300 kata. Demikiarn juga rubrik berita organisasi sekolah, oase dan percik

4.   Lulus editing dan kurasi dari majalah suara guru

Naskah harus bersifat factual, aktual dan original sesuai dengan tema, misalnya tentang tema bulan ini yaitu berkiatan tentang hari kemerdekaan. Apabila sudah merasa yakin dengan naskah kita maka naskah dikirim ke majalah.suaraguru@gmail.com. Baiklah itulah resume singkat saya.

“Tulisan itu rekam jejak. Sekali dipublikasikan, tak akan bisa kau tarik. Tulislah hal-hal berarti yang tak akan pernah kau sesali kemudian.”
 Helvy Tiana Rosa

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Raih Prestasi Internasional Berkat Menulis

Bernostalgia di Aplikasi Facebook

Writing By Heart