Semakin Dewasa, Kamu Akan Tahu Siapa Sebenarnya Sahabat Sejatimu


foto by google

Berteman dengan siapa saja membawa kita mengenal berbagai karakter. Memang tidak selalu mudah untuk membangun kedekatan dengan orang lain. Ada orang memiliki sifat cepat berbaur dan dekat dengan orang lain. Ketika sudah merasa dekat dengan orang lain, berarti orang tersebut bisa menyentuh sisi nyaman dalam diri kita, orang dekat tersebut juga bisa dikatakan sebagai seorang sahabat. Beruntunglah karena bertemu dengan sahabat yang mampu membuat kita merasa nyaman bersamanya setelah kita bersama keluarga. 

Setiap orang memiliki titik kenyamanan yang berbeda-beda, bahkan ada orang yang akrab bersahabat saat dibangku sekolah, tetapi menjadi sangat jauh ketika tamat sekolah. Ada juga yang sebaliknya, orang yang biasa saja ketika dibangku sekolah tetapi menjadi sangat akrab ketika tamat. Namun ada orang yang bersahabat sangat awet meskipun jarak memisahkan mereka. Mengetahui siapa saja yang masih dikatakan sahabat bisa dilihat saat beranjak dewasa. Karena apa? Masalah yang dihadapi ketika dewasa begitu kompleks, kamu akan sangat bisa melihat dan mengetahui siapa saja orang yang bisa dikatakan sahabat baikmu saat kamu berada dalam suatu masalah.

Menemukan sahabat yang bisa terus ada dikala sedih dan bahagia bisa dihitung dengan jari, seorang sahabat akan memberikan pengertian dan pendapat serta membawa kita kearah yang lebih baik. Sahabat baik menegur apabila salah dan mengingatkan bukan malah membenarkan apa yang selalu dikatakan. Menjadi pendengar yang baik dan membuat kita nyaman dengan bercerita padanya.
Sahabat baik tidak pernah terpikir untuk mengkhianati sahabatnya, sahabat baik tidak akan menjatuhkan sahabatnya didepan orang lain ataupun membicarakan keburukan sahabatnya kepada orang lain. Jika kamu ketemu yang seperti ini, berarti dia bukan sahabatmu, mungkin saja dia hanya teman biasa kebanyakan teman yang kamu punya. 

Ketika kamu sudah menemukan sahabat yang menurut kamu bahwa dia adalah orang yang selama ini selalu ada bersamamu dan membawamu kearah yang lebih baik maka kamu harus terus mempertahankannya, sampai ubanmu sudah muncul bahkan sampai ke surga. Lalu, bagaimanakah membuat hubungan kamu awet dengan sahabatmu yang seperti ini?

Caranya yaitu terus jalin komunikasi. Komunikasi adalah kunci utama agar hubungan terus terjaga, kamu tidak harus setiap hari menghubunginya, cukup seminggu sekali atau sebulan dua kali, sekali menelpon kamu akan bicara banyak hal. Jika kamu berada dikota yang sama dengan sahabatmu, temuilah dan pergilah bermain keluar bercengkrama, benar-benar mengobrol dan berbagi cerita dengannya. Namun jika kamu jauh maka tetaplah ingat selalu untuk sekedar bertanya kabar padanya.
Selanjutnya yaitu kamu harus menjadi orang yang bicara apa adanya dengan sahabatmu, jangan kebanyakan drama atau jangan menjadi palsu didepannya. Kamu harus berkata apa adanya dan membuat dia menjadi lebih baik dan jangan terlihat kamu menggurui tetapi berusaha untuk mengingatkan karena posisimu sebagai seorang sahabat. 

Memotivasi saat dikala masa sulit, menjadi penyemangat orang lain bahkan mampu membuat orang lain semangat adalah salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk terus membuat sahabat kamu percaya diri. Tentu kamu beruntung bisa berbagi semangat dengan sahabat tentang hal yang menurutmu sulit namun ternyata dapat dicapai dengan baik.



Menjalin persahabatan dan membuatnya awet hingga kamu dewasa harus dilandasi dengan keikhlasan, kejujuran dan lapang dada. Mungkin kamu pernah bertengkar dan membuat kesalahan dengan sahabatmu, tetapi jika kamu sudah bersahabat lama maka kesalahan-kesalahan itu hanya menjadi batu kerikil kecil yang tidak bisa kamu gadaikan dengan persahabatanmu yang sudah berlangsung lama. Sahabat akan selalu dikenang sepanjang masa, seorang sahabat akan selalu memaafkan sahabatnya karena dia tahu bahwa tidak ada manusia yang sempurna. 

Sahabat kamu akan selalu mendoakan yang terbaik untuk masa depanmu, kamu juga akan merasa bahwa persahabatan itu sangat indah dan tidak ternilai dengan apapun. Teruslah bersahabat dengan orang yang bisa membawa perubahan baik dalam hidupmu. Jadilah orang yang selalu mengingatkan sahabatmu kearah yang lebih baik hingga kamu bisa bersahabat sampai ke surga.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Raih Prestasi Internasional Berkat Menulis

Bernostalgia di Aplikasi Facebook

Writing By Heart