Bekerjalah Sesuai Passion Kamu


 (Dokumentasi Mengajar salah satu SMP di Kota Padang) 
Bekerjalah di lingkungan yang bisa membawamu menjadi orang yang lebih baik.  Bekerja merupakan salah satu ibadah kepada Tuhan, mengapa dikatakan demikian? Karena bekerja menjadi suatu cara untuk bisa menghidupi keluarga/mencari nafkah bagi yang sudah bekeluarga, bekerja menjadi suatu pengalaman yang bisa memberikan ilmu kepada orang yang baru tamat sekolah atau kuliah. 
Bekerja apapun selama masih halal sangat diperbolehkan. Kebanyakan orang memilih pekerjaan ketika tamat dari jenjang pendidikan yang diampunya. Misalkan saja ada orang yang kuliah S1, pasti banyak diantaranya yang malu untuk bekerja dari dasar, bekerja lebih banyak memikirkan gengsi dan apa yang orang katakan, malahan banyak diantaranya yang bekerja diluar jalur yang ada karena malu dan gengsi tadi. Memang kita tidak harus bekerja sesuai dengan jurusan yang sama ketika kuliah, kuliah menjadi suatu jembatan untuk lebih banyak mengenal ilmu yang belum dipelajari ketika sekolah.
Bekerjalah ditempat yang bisa memunculkan kenyamanan, bahkan kamu benar-benar merasa percaya diri disana. Aku memiliki pengalaman bekerja yang memang tidak banyak, tetapi semakin aku mencari pekerjaan yang kata orang itu lebih baik sementara bagiku tidak, kenapa? Aku mempunyai perspektif dan pandangan sendiri tentang bekerja. Awalnya aku belum menyadari bahwa passion ku disana yaitu mengajar, menjadi seorang pendidik adalah passion aku, hal itu baru ku sadari ketika aku mencoba bekerja di beberapa tempat yang bukan dibidang mengajar, membuat aku merasa bahwa disana bukan tempatku. 
Aku mencoba konsisten untuk dibidang pendidikan, ada impian kecil ku selipkan di setiap doaku agar aku bisa mewujudkan mimpi dibidang ini, tentu saja mimpi ini akan ku bawa kemanapun aku pergi, sampai aku benar-benar siap untuk mewujudkannya bersama seseorang yang mendukung penuh apa yang aku impikan.
  (Dokumentasi Mengajar di SMA Swasta di Kota Padang)

Aku belajar tentang lingkungan bekerja yang begitu penting untuk menunjang kinerja saat bekerja. Lingkungan bekerja yang baik seperti teman yang bisa diajak sharing dan saling bekerjasama, pimpinan yang tegas dan mampu dekat dengan bawahan.Suasana bekerja yang saling mendukung sangat diperlukan, hal ini membuat pekerjaan jadi lebih mudah dikerjakan bersama-sama. 
Dulu aku sempat ingin berpindah haluan, seperti mendaftar bekerja dibidang retail atau bekerja di perusahaan yang tentu saja dengan gaji yang lumayan, beberapa kali ada panggilan interview, aku selalu menjawab dengan teori yang tidak dengan hatiku. Aku merasa berbeda dan aku merasa ini bukan aku. Akhirnya aku memang fokus mencari kerja yang memang khusus mengajar dan mengabdi untuk memberikan ilmu kepada orang lain.
    (Dokumentasi buka bersama dengan staf di Bimbel STAN)

Ternyata menjadi pengajar adalah jalan yang memang terus aku lakukan, mencintai profesi ini dan bersyukur karena Tuhan dengan baik mengarahkan secara jelas jalan yang sesuai dengan karakter dan passion yang ku miliki, aku tidak perlu memikirkan pendapat orang lain tentang pekerjaanku, aku hanya perlu menjadi orang yang terus baik dan memperbaiki diri dengan banyak belajar tanpa henti. 
Jika kamu masih bingung menentukan arah dan jalan untuk bekerja, aku sarankan untuk banyak mencari tahu bidang apa yang kamu sukai sehingga itu membuatmu menikmati apa yang kamu kerjakan. Cintailah pekerjaan yang bisa membuatmu nyaman dan bersyukurlah karena kamu memiliki pekerjaan yang orang lain bahkan banyak dambakan. Jangan pernah mengucilkan pekerjaan apapun selama itu halal, setiap pekerjaan keringatnya akan dihitung ibadah dan menjadi pertanggungjawaban diakhirat kelak. Lakukanlah yang terbaik untuk hidupmu sekarang, nanti dan selamanya. Sukses untuk menentukan pekerjaan yang sesuai dengan yang kamu sukai dan cintai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Raih Prestasi Internasional Berkat Menulis

Bernostalgia di Aplikasi Facebook

Writing By Heart