BAGAIMANA MEMANFAATKAN BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN?

 




Oleh            : Pipi Miralini

Resume       : 5

Gelombang : 29

Tanggal       : 28 Juni 2023

Tema           : Blog Sebagai Media Pembelajaran

Narasumber: Dail Ma’ruf, M.Pd

Moderator   : Helwiyah, S.Pd., M.M

 

Seperti biasa aku mengikuti Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) hari rabu tanggal 28 Juni 2023. Tetapi sayangnya aku tidak langsung membuat resumenya, aku disibukkan dengan kegiatan di rumah karena besoknya akan merayakan hari raya idul adha. Sebagai seorang ibu rumah tangga, menurutku hal ini masih menjadi tantangan bagiku untuk membagi waktu. Grup Watshaap terus berdering, semangat dari narasumber malam itu tidak surut sedikitpun. Materi yang disampaikan oleh Bapak Dail Ma’ruf, M.Pd sangat bagus untuk disimak terutama bagi kita sebagai seorang pendidik.

Pembelajaran pertama membahas tentang apa itu blog dan apa itu media pembelajaran?. Blog yang berasal dari kata weblog yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1998 oleh Jhon Barger saat masa reformasi terjadi di Indonesia negara kita tercinta ini. Katanya dulu dimanfaatkan sebagai buku harian tetapi seiring perkembangan zaman sekarang bahwa banyak jenis mencapai 12 jenis blog.

Sebelumnya kita pahami dulu bahwa ada banyak manfaat blog, khususnya untuk Pendidikan ada beberapa manfaat yaitu:

1.   Blog sebagai rumah belajar dan berbagi guru

2.   Blog dapat meringankan tugas dan beban guru dalam mengajar

3.   Blog dapat meningkatkan minat belajar para siswa

4.   Blog dapat diakses oleh siapa pun di belahan dunia

5.   Blog dapat menjadi media silaturahmi

Berikut juga ada contoh blog sebagai media pembelajaran

1.   Bisa sisipkan video youtube tutorial pembelajaran terkait meteri di blog pribadi

2.   Bisa meminta murid memberi tanggapan terhadap materi yang dibuat dalam tutorial

3.   Bisa pula dengan pertanyaan terkait materi yang ada dalam video tutorial dalam menjawab blog murid dan link jawabannya di kirim ke grup kelas

4.   Bisa pula dengan membuat ulangan harian di dalam blog dan murid langsung memberi tanggapan.

Sebagai pendidik, saya termasuk belum memaksimalkan blog untuk media pembelajaran. Meskipun blog yang saya buat sudah ada sejak saya kuliah, namun saya menggunakan untuk media anak-anak belajar. Ada tips dan trik untuk membuat tulisan menarik di blog yaitu 1) judul bikin kepo, 2) tambahkan ilustrasi gambar yang mendukung judu, 3) ulasan harus jelas dan lugas sehingga pesannya sampai. Nah bagaimana cara membuat blog supaya lebih menarik? Jawabannya menurut Pak Dail yaitu tentu saja dengan rajin ubah profil, rajin tonton tutorial cara buat blog pembelajaran menarik kalau untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) diselingi dengan dunia remaja dan beberapa kiat sukses dan tips serta kalau bisa sertakan kuis berhadiah untuk tantangan supaya anak remaja senang.

Saya berusaha supaya kedepannya bisa memaksimalkan penggunaan blog, supaya pembelajaran lebih menyenangkan dan sesuai dengan perkembangan zaman. Kalau kita lihat saat ini banyak sekali informasi berupa pembelajaran di blog. Banyak pula didalamnya hal yang tidak sesuai dengan teori pembelajaran yang ada. Kita sebagai guru harus mampu meluruskan dan memuat materi pembelajaran yang dapat diulas kembali oleh anak dan dapat menjadi pilihan dalam menggunakan media pembelajaran.

Akhirnya pembelajaran dari Pak Dail selesai dengan sebuah pantun

Jika ada sumur di ladang

Boleh kita numpang mandi

Jika ada umur Panjang

Semoga kita berjumpa lagi

 

Yuk, semangat bapak ibu memanfaatkan penggunaan blog sebagai media pembelajaran yang menyenangkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Raih Prestasi Internasional Berkat Menulis

Bernostalgia di Aplikasi Facebook

Writing By Heart