MENULIS ADALAH KEBUTUHAN

 


Oleh                 : Pipi Miralini

Resume            : 1

Gelombang      : 29

Tanggal           : 19 Juni 2023

Tema               : Menulis Setiap Hari

Narasumber    : Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd

Modeator         : Raliyanti

 

Bergabung dalam sebuah komunitas seperti ini adalah impian saya sejak lama. Komunitas Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) PGRI mempertemukan saya dengan guru-guru hebat. Saya tidak menyangka bahwa ada sebuah komunitas yang menampung banyak tulisan dan mampu saling memberi masukan satu sama lain. Jika semua guru mengikuti kegiatan ini, saya yakin akan banyak lahir karya-karya yang terbaik seperti narasumber di KBMN malam ini yaitu Bapak Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd atau sering dikenal dengan sebutan Omjay

Omjay malam ini yang sedang menginput nilai raport kelas 7 dan 8 tidak jauh berbeda dengan saya yang juga melakukan hal yang sama sembari membaca di grup Watshaap terkait materi yang disampaikan omjay. Banyak ilmu dan motivasi yang saya dapatkan malam ini dari omjay. Motivasi tentang menulis setiap hari, menurut omjay, menulis harus menjadi sebuah kebutuhan sama seperti kebutuhan kita saat makan dan minum. Menulis adalah salah satu bentuk kemahiran berbahasa yang memiliki kekuatan nalar atau logika yang sejajar, biasanya orang yang logikanya baik dapat diduga bahwa kemampuan berbahasanya juga baik.

Omjay bercerita pula tentang kedatangan teman beliau dari Makassar yang ingin berguru langsung kepada omjay bahkan kisah ini sudah dituliskan omjay di blog pribadinya. Masya Allah, mendengar hal ini saya menjadi semakin yakin bahwa omjay memang orang hebat yang senang berbagi terutama dalam dunia kepenulisan. Omjay menyarankan kita kalau mau jadi penulis harus suka membaca, sebuah buku karya SIM Chung Wei menjadi inspirasi omjay dalam menulis setiap hari.

Selain motivasi yang diberikan kepada saya dan teman-teman KBMN malam ini, omjay banyak menorehkan berbagai prestasi ilmiah yang berasal dari sebuah tulisan. Prestasi ini tertulis dalam laman melintas.id, rupanya memang pantas sekali pencapaian luar bias aini disematkan kepada omjay sebagai seorang guru blogger Indonesia.

Tips dan trik tidak ketinggalan juga diberikan oleh omjay, hal ini saya rangkum dalam beberapa poin:

1. Membiasakan menulis setiap hari dengan menulis 500 kata setiap hari
2. Mulailah menulis dari tiga Alinea yaitu pembukaan, isi dan penutup
3. Harus pandai mengelola waktu, menggunakan skala prioritas saat menulis
4.   Yakin bahwa setiap tulisan akan menemukan takdirnya
5.   Paksakan menulis sedikit demi sedikit supaya naik kelas
6.   Jika malas menulis maka bergaulah dengan kawan-kawan penulis
7.   Bila jenuh maka salah satunya biasa diatasi dengan pergi ke toko buku dan membeli buku best seller

Sebenarnya, banyak sekali tips dan trik yang dibagikan oleh omjay. Pada awalnya omjay juga tidak percaya bisa menulis setiap hari, namun karena komitmennya yang tinggi untuk menulis setiap hari maka banyak lahir tulisan-tulisan yang tidak pernah sepi dari pembaca. Hal ini diakui oleh omjay karena konsistensi yang tinggi diiringi dengan kerja keras untuk menulis dengan gaya bahasa sendiri.

Kata-kata omjay yang membuat saya semangat untuk menulis sampai hari ini yaitu “Dengan menulis setiap hari kita bersedekah ilmu lewat tulisan dan semoga sedekah kita diterima oleh pembaca yang haus akan ilmu.”

 Terima kasih ilmunya malam ini omjay :)

Komentar

  1. Resumenya menarik, salam kenal ya bu 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga pak, terima kasih sudah berkunjung pak :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Raih Prestasi Internasional Berkat Menulis

Bernostalgia di Aplikasi Facebook

Writing By Heart