Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis

 


Oleh            : Pipi Miralini

Resume       : 15

Gelombang  : 29

Tanggal       : 28 Juli 2023

Tema           : Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis

Narasumber: Yulius Roma Patandean, S.Pd., M.Pd

Moderator   : Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd.,

 

Memang beruntung sekali saya berada di grup KBMN (Kelas Belajar Menulis Nusantara) ini. Saya dihadapkan dengan narasumber yang berprestasi dan keren-keren. Seperti malam ini beliau Bernama Bapak Yulius Roma Patandean, S.Pd., M.Pd. beliau banyak prestasi diantaranya adalah pemenang ketiga lomba kreatifitas guru tingkat SMA pada Porseni PGRI Prov. Sulawesi Selatan tahun 2017. Di tahun 2021 beliau meraih prestasi kembali. Peraih 2 medali emas dan 3 medali perunggu Gurulympic tahun 2020. Masih banyak prestasi lain yang beliau dapatkan banyak dijelaskan di blog pribadi beliau.

Kelas dimulai dan narasumber mulai menjelaskan tentang naskah buku yang tertata/tersusun dengan baik memudahkan penulis untuk menambahkan, mengurangi, dan merombak naskah jika dianggap tidak sesuai dengan tema yang diangkat. Terdapat sejumlah aplikasi/software yang bisa digunakan untuk membuat naskah buku tersusun secara sistematis. Diantaranya menggunakan Mandeley dan Zotero. Menyusun naskah yang baik mulai dari membuat judul hingga sistematika akhir dibagikan oleh Pak Yulius melalui video.

List video yang dibagikan yaitu:

1. https://youtu.be/eePQwyHAcjw 

2. https://youtu.be/jXPr59aWJSc 

3. https://youtu.be/mS8bfNZT-rA 

Salah satu video yang dibagikan pak Yulius menjelaskan tentang langkah menyusun buku yang langsung dipraktikkan.

1.   Judul dan nama penulis

2.   Kata pengantar

3.   Prakata

4.   Daftar isi

5.   Daftar table

6.   Daftar gambar

7.   Bab I Pengertian

8.   Bab II Covid di Indonesia

9.   Indeks

10.                Daftar Pustaka

Klik heading dan ubah kertas menjadi A5. Pada subjudul dibuat lebih rapi dengan diblok dan diberikan heading 2 sehingga otomatis sudah ada di daftar isi. Lalu klik enter disesuaikan dengan halamannya masing-masing. Kemudian rapikan penomoran halaman yaitu klik dua kali footer, masuk page number sesuai dengan keinginan mau ditaruh dimana penomoran halamannya.

Selanjutnya untuk membuat daftar isi supaya penomorannya berbeda di nomor halamannya dengan taruh cursor di bab 1 klik Secsion break format halaman di page number. Untuk daftar isi otomatis references pilih develop content akan jadi secara otomatis sehingga tidak perlu klik manual. Bisa diubah huruf sesuai keinginan kita.

Seandainya menambahkan bab baru maka diblok lalu heading 1, sub bab dengan blok lalu klik heading 2 maka akan muncul di daftar isi. Lalu klik update, semuanya tersusun rapi.

Lalu memasukan kutipan ditulisan, klik References manage source lalu masukan nama penulis, judul buku, tahunnya dan penerbitnya.

Video yang ditampilkan oleh narasumber memudahkan kita semua untuk menyusun buku dengan rapi dan enak dilihat. Ketika saya menonton saya mendapatkan ilmu praktis sehingga tidak perlu repot dalam menyusun buku.

Terima kasih ilmunya yang langsung dipraktikan melalui video. Memang tidak salah bapak dipilih menjadi guru berprestasi.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Raih Prestasi Internasional Berkat Menulis

Bernostalgia di Aplikasi Facebook

Writing By Heart