Yuk Menulis di Situs Portal Berita Melintas.id

 



Oleh            : Pipi Miralini

Resume       : 6

Gelombang :  29

Tanggal       : 30 Juni 2023

Tema          : Teknik Menulis Untuk Situs Portal Berita

Narasumber: Raimundus Brian Prasetyawan S.Pd

Moderator   : Arofiah Afifi S.Pd.

 

Orang-orang tidak akan mengenal tulisan kita jika tulisan tersebut tidak dimuat dalam sebuah portal. Sebagai seorang guru kita juga dituntut untuk banyak menulis, terutama tulisan yang dapat di upload di portal berita sebagai sebuah motivasi dan informasi saling berbagi dengan guru lainnya. Tidak hanya itu, menulis bagi guru akan meningkatkan kualitas dirinya dibandingkan yang lain. 

Hari jum’at tanggal 30 Juni sesuai jadwal di KBMN (Kelas Belajar Menulis Nusantara) dibuka oleh Moderator Arofiah Afifi dengan narasumber Pak Raimundus Brian Prasetyawan S.Pd yang juga sebagai narasumber saat acara Ceremony/pembukaan KBMN Angkatan 29 kemarin. Malam ini kita akan mengenal lebih jauh tentang portal berita melintas.id dengan tema Teknik Menulis Untuk Situs Portal Berita Melintas.id.

Portal berita Melintas.id baru berdiri tanggal 11 Mei 2023. Melintas merupakan sebuah akronim dari “Media Literasi Nusantara Semaja”. Awalnya ide membuat media online ini berasal dari Pak Ahmad Fatchudin yang juga sebagai peserta KBMN gelombang 27, beliau saat itu menjadi penulis di salah satu media online yang memiliki sekitar 30-40 penulis dan menghasilkan penghasilan tambahan bagi penulisnya yang lumayan besar. Barulah kemudian beberapa alumni yang tergabung dalam anggota tim solid om jay beserta omjay mendirikan media online yang selanjutnya menjadi tim redaksi melintas.id dengan berjumlah 7 orang.

Melintas.id bertujuan untuk memberikan nilai tambah bagi anggota KBMN PGRI. Nilai tambah ini bukan hanya tentang penghasilan, tetapi hal ini bisa sebagai wadah pengmbangan diri dalam hal menulis untuk pserta maupun alumni dari KBMN PGRI. Melintas.id yang intinya merupakan situs berita yang memiliki ciri khas/gaya tulisan sendiri yang berbeda dengan tulisan blog, buku, karya ilmiah dan jenis tulisan lainnya.

Penulis di melintas.id terdiri dari dua kategori yaitu penulis lepas dan penulis tetap. Penulis lepas tidak tergabung di grup WA melintas dan tidak ada target jumlah tulisan, tidak ada honor, dan mengirim lewat email. Sedangkan penulis tetap yaitu penulis yang siap mengikuti aturan dan sanggup memenuhi target jumlah tulisan dan kedepannya berpeluang mendapatkan honor jika melintas.id sudah mampu menghasilkan pendapatan.

Ada beberapa jenis penulis tetap di melintas.id yaitu:

  • a.    Calon Content Creator (CC), bagi yang baru bergabung, masuk ke grup ini. Nama anda selaku penulis akan menumpang dengan nama editor. Diberi target 15 tulisan dalam 1 bulan. Jika memenuhi maka dapat naik jenjang ke Content Creator (CC). Jika tidak memenuhi maka dikeluarkan dari grup dan akan disarankan jadi penulis lepas saja.
  • b.   Content Creator (Contributor), jika sudah memenuhi persyaratan dengan syarat menulis 15 tulisan akan masuk grup baru yaitu Author dan CC melintas. Resmi menjadi CC melintas.id namun nama anda sebagai penuli masih menumpang dengan editor. Maka, agar punya profil sendiri di melintas, harus jadi author. Syarat menjadi author ya menulis minimal 15 tulisan tiap bulan
  • c.    Author, jika sudah mencapai jenjang author, anda sudah menjadi penulis seutuhnya di melintas.id anda memiliki profil nama sendiri, tidak lagi menumpang nama editor. Tercatat nama anda di database CMS melintas.id. Namun memiliki tanggung jawab yaitu harus menulis minimal 20 tulisan setiap bulan. Jika tidak memenuhi maka akan diturunkan kembali menjadi contributor.

Selain jenis dari penulis ada beberapa cara menulis di menulis id. Yaitu:

Melintas.id menjunjung tinggi anti plagiarisme, tulisan akan dicek oleh editor. Batas toleransinya yitu 30%. Tulisan wajib ada gambar, tidak boleh ambil sembarang dari google, gambar yang boleh dipakai yaitu dokumentasi pribadi, media sosial tokoh/instansi, situs penyedia tulisan gratis seperti freepik.com, pixabay.com, pexels.com. Panjang tulisan minimal 350 kata, maksimal 800 kata, kecuali untuk penulisan puisi minimal 4 bait, 1 bait terdiri dari 4 baris dan memiliki paragraf pembuka.

waaah, cukup jelas rasanya kalau ingin menjadi penulis di melintas.id ya, menarik sekali, semoga saya bisa menjadi penulis tetap di portal berita melintas.id, menulis 20 tulisan memang penuh tantangan tampaknya.

Baiklah, itulah resume yang berhasil saya tulis. Semoga kedepannya resume saya bisa lebih baik lagi dan makin semangat menulis. Begitu pula untuk anda, pembaca setia blog saya.

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Raih Prestasi Internasional Berkat Menulis

Bernostalgia di Aplikasi Facebook

Writing By Heart