MENULIS BUKU CERITA DIGITAL

 



Oleh            : Pipi Miralini

Resume       : 16

Gelombang : 29

Tanggal       : 31 Juli 2023

Tema           : Menulis Buku Cerita Digital

Narasumber: Nur Dwi Yanti, M.Pd

Moderator   : Raliyanti

 

Terasa berbeda kelas di grup Whatshapp KBMN malam ini. Karena ada penyampaian materi tentang menulis buku cerita era digital melalui zoom artinya materi disampaikan secara langsung. Narasumber yang menyampaikan materinya yaitu ibu Nur Dwi Yanti, M.Pd. Prestasi beliau tidak main-main, beliau mendapatkan juara 1 karya tulis ilmiah dan menjadi guru berprestasi tingkat Kota Tangerang Selatan tahun 2019.

Materi dimulai dengan apa itu e book?

Ebook atau singkatan dari electronic book yang diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia menjadi buku elektronik. Ebook adalah sebuah buku panduan yang dalam versi digital, dapat dibuka melalui perangkat elektronik. Contoh alat elektronik: komputer, gadget, handphone. Ebook sama halnya dengan buku biasa hanya saja tidak memiliki lembaran kertas untuk menyusunnya menjadi satu buku yang utuh. Ebook disusun menggunakan teks atau gambar yang berupa digital.

Ebook berfungsi utamanya sebagai media pembelajaran (untuk mencari ilmu dari ebook atau berbagi ilmu-ilmu dari ebook). Misalnya: anda memiliki keahlian tentang tata cara menulis artikel, anda bisa menjualnya dengan membagikannya secara gratis di internet. Untuk ebook tentang tutorial menulis artikel.

Ebook tentu memiliki kelebihan. Kelebihannya yaitu:

1.   Untuk mendapatkannya sangat mudah, karena tidak butuh waktu terlalu lama. Meskipun ada ebook yang berbayar, ini masih tergolong lebih mudah dibanding datang ke toko buku langsung yang kadang menempuh jarak ratusan kilometer.

2.   Untuk membuatnya sangat mudah dan tidak terlalu banyak biaya, berbeda dengan pembuatan buku biasa. Ebook sangat mudah dibuat. Jika saat menulis ada kesalahan, bisa diperbaiki berbeda dengan buku yang sudah dicetak.

3.   Mudah disimpan dan di bawa-bawa, ukuran ebook yang kecil memberi kelebihan dalam penggunaannya. Tidak perlu banyak ruangan khusus untuk menyimpan seperti buku-buku yang dicetak. Cukup media penyimpanan seperti flashdisk, memory card, hardisk dan sebagainya. Dapat dibuka dimana saja berada di leptop dan gadget meskipun tidak tersambung internet.

4.   Tidak perlu perawatan, ebook tidak perlu dirawat layaknya buku. Ebook tidak akan kotor. Ebook juga tidak dimakan oleh rayap, tidak basah dan sobek. Karena bentuknya yang digital.

 

Aplikasi apa saja yang bisa untuk membuat ebook?

1.   PDF

PDF merupakan format ebook yang paling umum digunakan. Bila membuka situs web pasti kebanyakan menawarkan ebook gratis yang berbentuk pdf.

2.   Google Docs

Membuat ebook secara gratis dapat disimpan dalam bentuk Epub. Namun harus online untuk menyimpan atau mendownload tulisan tersebut dan bisa menambahkan editor dan melacak pengeditan serta komentar secara real time

3.   Mobipocket

Awalnya digunakan untuk e-reader. Tetapi seiring berjalannya waktu formatnya digunakan oleh pembaca ebook yang lebih populer.

4.   ePUBee

aplikasi yang membuat ebook secara gratis yang langsung terhubung dengan Microsoft Award. Dengan tampilan yang sederhana dan efektif.

 

Membuat buku digital ternyata tidak begitu sulit. Semoga suatu saat nanti kita bisa membuat buku digital yang bermanfaat dan bisa dinikmati banyak orang.

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Raih Prestasi Internasional Berkat Menulis

Bernostalgia di Aplikasi Facebook

Writing By Heart