Jangan Sedih, Ini Trik Mendapatkan Beasiswa Untuk Kamu



Bercerita tentang pengalamanku mendapatkan beasiswa tidak pernah habis, sejak di Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas( SMA) aku sudah merasakan nikmatnya beasiswa. Ketika itu tidak ada trik khusus untuk mendapatkan beasiswa, beasiswa yang ku dapatkan dimasa sekolah langsung pendataan dari pihak sekolah untuk siswa yang berprestasi tapi kurang mampu dalam financial. Masa sekolah memang cukup sulit, untungnya aku bisa masuk dalam pendataan siswa yang berhasil meraih beasiswa. Harapanku sempat sirna waktu tamat SMA karena aku mendaftar beasiswa bidikmisi namun nyatanya aku gagal mendapatkannya. Mengapa bisa gagal? Karena inilah awalku mendaftar sendiri tanpa bantuan sekolah. Saat itu pertama kalinya beasiswa bidikmisi di sekolahku, jadi pihak sekolah memberikan tanggungjawab kepada siswa untuk mengisi dan mendaftar sendiri, beberapa poin di form beasiswa bidikmisi tidak semua terisi sehingga membuat aku gagal. Ya, salah satu penyesalan juga bagiku waktu itu. apakah aku patah semangat disitu? Tentu tidak.


Aku masuk ke perguruan tinggi melalui jalur mandiri. Karena aku tidak lulus PMDK Bidikmisi, tidak lulus SNMPTN sekarang SBMPTN, terlambat mengambil jalur prestasi. Aku masuk jalur mandiri tanpa tes waktu itu Cuma seleksi nilai raport dan nilai UN. Aku sempat sangsi dengan masuk jalur mandiri sudah pasti beasiswa yang ku dapatkan akan sedikit. Karena jalur mandiri tidak di prioritaskan untuk mendapatkan beasiswa. Ternyata dugaanku salah.


Aku mulai merasakan nikmatnya beasiswa ketika semester dua, awal semester belum ada beasiswa yang buka. Jadi, aku menunggu hingga aku di semester dua.


Meraih beasiswa yang kita inginkan sebenarnya tidak punya trik yang khusus, setiap artikel tentang cara mendapatkan beasiswa di google sudah pasti banyak membantu. Namun disini aku ingin berbagi Trik beasiswa menurut aku yaitu:

  1. Paling utama persiapkan berkas untuk mendaftar beasiswa. Berkas ini bisa kalian Tanyakan kepada senior atau teman yang sudah pernah mendapatkan beasiswa. Biasanya yang diminta fotocopy ktm, pas photo, transkip nilai, slip gaji orangtua, surat keterangan aktif kuliah, surat aktif organisasi dan beberapa beasiswa kadang meminta proposal kegiatan mahasiswa. 
  2. Seringlah mengupate dan banyak membaca papan pengumuman baik itu yang dijurusan ataupun di fakultas. Nah, uniknya di kampusku kalau ada pengumuman tentang beasiswa biasanya di cabut kertasnya oleh oknum yang iseng atau yang tidak bertanggungjawab. Untuk terhindar dari ini banyaklah membaca pengumuman tidak hanya disatu papan pengumuman saja. 
  3.  Seringlah membuka situs untuk bidang akademik dan universitas, biasanya juga ada pengumuman tentang beasiswa tertera disana. Kalau dikampusku biasanya buka baak.unp.ac.id
  4. Perbanyak bertanya ke jurusan, lebih baik bisa dekat dengan pihak tata usaha di jurusan atau di program studi. Banyak bertanya jangan malu, justru itu membuat orang akan lebih hafal wajah dan nama kita. Kalau aku dikampus dulu sering sekali main ke Tata Usaha jurusan, sering ke jurusan membuat orang hafal dan mengenalku. Aku selalu berpesan pada pihak jurusan kalau ada beasiswa segera mengabariku. Seru kan,, ya iyalah makanya PDKT dengan jurusan
  5. Bertemanlah dengan orang yang juga punya semangat mencari beasiswa. Alhamdulillah aku dengan temanku Gusdanela, teman satu kos denganku kami adalah pemburu beasiswa. Kami saling berbagi tentang info beasiswa yang ada dikampus maupun yang diluar kampus. Semangat mencari beasiswa langsung terasa jika dilakukan bersama-sama.
  6. Jangan pelit berbagi info tentang beasiswa. Kebanyakan orang juga menyimpan info tentang beasiswa namun enggan membaginya. Padahal dengan memberitahu orang lain tentang info ini malah memberikan amal buat kita. Setiap beasiswa ada seleksinya, jadi jangan takut untuk berbagi kepada orang lain.
  7. Info beasiswa juga bisa teman-teman dapatkan di akun yang biasanya sering update tentang info beasiswa. Aku sering mencari beasiswa di akun instagram yaitu di @infobeasiswa, @pemburubeasiswa dan @sahabatbeasiswa. Beasiswa yang kita daftar bisa lebih luas cakupannya dan ini tidak terkait dengan pihak kampus. Jadi, kita bisa lebih tahu banyak informasi beasiswa di luar kampus. 
  8.  Perbanyak search di google tentang info beasiswa S1 terbaru, setidaknya sekali seminggu lihat di google apa beasiswa yang update tiap minggu. Nah, disini juga bisa membantu teman-teman untuk mencari beasiswa yang cocok buat teman-teman. Seperti beasiswa Afim (beasiswa dari Persatuan Pelajar Prancis untuk anak Indonesia), besiswa etos, beasiswa pertamina, beasiswa djarum dan beasiswa BCA Finance.
  9. Khusus untuk beasiswa daerah atau provinsi teman-teman cukup buka saja link “beasiswa provinsi…” kalau aku dulu karena berasal dari provinsi jambi aku cari beasiswa provinsi jambi, maka akan keluar halaman beasiswa untuk official provinsi jambi dan disana akan tertera pengumuman jika ada buka beasiswa. Kalaupun tidak dibuka teman-teman bisa mencari informasi berkas yang dibutuhkan apa saja untuk beasiswa ini dihalaman itu. Aku waktu itu mendaftar saja beasiswa ini meskipun belum di buka priode beasiswanya, tetap saja mendaftar. Alhamdulillah beasiswanya lumayan 7 jutaan untuk sekali periode/pertahunnya.
  10. Jika teman-teman kurang di bidang akademik jangan sedih Karena Indeks Pretasi Kumulatif (IPK) rendah, teman-teman bisa ikut berorganisasi karena beasiswa untuk aktivis juga sangat banyak salah satunya beasiswa supersemar, beasiswa pertamina dan beasiswa VDMS.

Mungkin itu beberapa trik tentang cara mendapatkan beasiswa menurut pengalaman aku. Beberapa pemberi beasiswa juga mengadakan tes wawancara meskipun kebanyakan beasiswa dikampus hanya seleksi berkas, tapi tidak tertutup kemungkinan untuk tes wawancara. Pada tes wawancara teman-teman harus mampu meyakinkan si pemberi beasiswa dengan kondisi keuangan sebenarnya dan harus percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki, pada intinya perlihatkan bahwa teman-teman pantas mendapatkan beasiswa tersebut.


Masa kuliah aku mendapatkan beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) pada saat semester dua selama satu tahun, beasiswa PPA ini lebih di prioritaskan untuk IPK yang 3,5 keatas. Hehehe aku Alhamdulillah masuk karena persyaratan sesuai dan biasanya diseleksi oleh pihak jurusan atau fakultas. Setahu aku beasiswa ini di rangkingkan IPK dari yang tertinggi sampai yang terendah. Selain Beasiswa BBM juga ada itu khusus untuk mahasiswa yang kurang mampu, IPK disini tidak dipermasalahkan tetapi harus ada Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kelurahan.


Aku juga mendapatkan beasiswa Provinsi jambi, beasiswa ini sangat tidak terduga, aku bisa lolos karena aku hanya mengirim berkas saja walaupun belum masa buka beasiswa. Ternyata di provinsi diproses dan Alhamdulillah beasiswanya cair. Beasiswa provinsi cukup besar sebaiknya dipergunakan untuk membayar biaya kuliah, beli leptop atau printer. Kalau lalai uang beasiswa bisa habis tanpa arah. hahaha


Beasiswa supersemar juga aku dapatkan ketika di tahun ketiga kuliah. Aku cukup aktif berorganisasi dan Alhamdulillah masuk beasiswa supersemar satu semester. Aku juga sempat hampir mendapatkan beasiswa Bang AFIM (PPI Prancis) aku gagal ditahap wawancara tapi bersyukur karena aku masuk 30 orang disaring se Indonesia untuk seleksi beasiswa ini. Selain itu aku juga sempat mendapatkan beasiswa Bank Nagari, waktu itu aku masih dalam periode beasiswa supersemar meskipun supersemar satu kali terima ternyata jika ditahun yang sama walaupun tidak menerima lagi tetap beasiswa yang lain tidak bisa di daftar. Jadi harus menunggu ditahun berikutnya.


Jika dihitung semuanya, beasiswa ini lumayan juga, Karena bisa membiayai uang kuliah, biaya kontrakan dan hal lain yang dibutuhkan. Jangan sedih jika kalian masuk keperguruan tinggi dengan jalur apapun, karena beasiswa itu sangat berlimpah, zaman sudah semakin canggih, teman-teman bisa mendapatkan informasi beasiswa dimanapun.


Tetap semangat untuk mencari beasiswa, jangan pernah putus asa. kebanyakan orang malas mendaftar beasiswa karena berkasnya banyak dan ribet ngurusnya, tetapi jika di tahun satu sudah melek dengan beasiswa teman-teman tidak lagi susah untuk mengumpulkan persyaratannya. Mengurus beasiwa memang tidak gampang juga tidak sulit tetapi jika teman-teman sudah punya trik dan caranya maka itu bisa mempermudah untuk mendapatkanya.  


Sekarang saya lagi gencar mendapatkan beasiswa S2, doakan semoga ada celah ya. Kalau misalkan saya juga lulus di beasiswa ini saya akan share ke teman-teman. 


Good luck 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Raih Prestasi Internasional Berkat Menulis

Bernostalgia di Aplikasi Facebook

Writing By Heart