Penting Nggak Sih Mahasiswa Ikut Organisasi? Mending Baca Ini Dulu

Kuliah memang masa yang sangat mengasikkan, karena banyak kenangan yang tersimpan. Dari mulai tugas kuliah yang menumpuk bejibun sampai muntah, hingga masa indah di organisasi kampus ya itupun kalau kamu sempat merasakannya. 

Kampus menjadi tempat menuntut ilmu dan tentunya seorang mahasiswa dibebaskan untuk memilih pengembangan diri di Unit Kegiatan yang disediakan oleh Universitas, Fakultas dan juga Himpunan Mahasiswa Jurusan yang merupakan kumpulan organisasi yang ada di kampus. Beberapa orang juga enggan masuk organisasi karena takut terganggu akademik atau nilai IPK bisa turun. Sebenarnya untuk ikut organisasi sangat berguna sekali untuk mahasiswa. Mengikuti organisasi mahasiswa bisa lebih kreatif dan inovatif. Ini beberapa keuntungan mengapa kamu harus  mulai berpikir untuk gabung di sebuah organisasi. 

Menambah kepercayaan diri 
Mengikuti organisasi bisa menambah kepercayaan diri kamu. Mengapa bisa demikian? Karena dengan tergabung di organisasi, kamu akan lebih percaya diri dan lebih berani tampil di depan orang. Biasanya suatu organisasi mengadakan berbagai kegiatan kampus seperti seminar, workshop dan masih banyak lagi sesuai dengan pengembangannya. Nah, disini kamu bisa ditunjuk sebagai panitia yang tentunya selain harus bekerja ikhlas tanpa dibayar kamu  juga sering tampil di depan, terutama menjadi ketua panitia atau ketua pelaksana kegiatan. Terlihat bahwa kamu akan terlatih tampil percaya diri di depan orang banyak, selain itu jiwa kepemimpinan kamu juga lebih terasah disini. 

Menambah skill dan soft skill 
Mengikuti organisasi, kemampuan kamu bakal berkembang. Misalkan kamu tergabung di radio kampus, kamu akan belajar tentang radio, skill menjadi penyiar. Juga misalkan kamu masuk organisasi tulis menulis seperti Koran kampus, itu juga akan melatih kamu untuk menulis dan membuat berita atau dibidang jurnalistik lainnya. Masih banyak bidang dan kamu tinggal pilih mau ngembangin apa pada diri kamu. Skill yang kamu punya ini bisa menjadi jenjang karir kamu untuk bekerja nanti. Karena terbukti, di organisasi aku banyak senior yang terjun bekerja tidak sesuai jurusan dikampus. Malah menekuni yang di pelajari di organisasi. Tentu hal ini bisa memberi keuntungan tersendiri untuk kamu. Kamu pasti sangat rugi sekali jika tidak bisa mengembangkan hal yang sudah lama tertanam di diri kamu. 

Belajar tentang membagi waktu antara kuliah dan organisasi 
Dulu saya sempat dilontarkan kata-kata “Jika di organisasi ada kegiatan yang mendesak dan saat itu kamu juga harus ujian, kamu pilih organisasi atau kuliah?” saya sempat tertegun juga mau jawab apa, saya jawab saja nanti bisa diatur, ternyata kalau disuruh memilih memang agak sulit, tapi Alhamdulillah selama saya bergabung di organisasi kampus, semua terjawab, saya bisa membagi waktu untuk keduanya. Pada intinya, mana yang lebih dulu di prioritaskan dan nanti bakal ada aja jalan jika niat kita baik. Membagi waktu antara kuliah dan organisasi memang tergantung cara kita untuk memilih mana yang lebih dulu penting dan urgent sekali.  

Punya keluarga baru/Ketemu Jodoh Juga 
Mengikuti organisasi bisa menambah keluarga baru, artinya kamu bisa kenal banyak orang dari berbagai jurusan. Seru rasanya bisa berteman dengan banyak orang, kamu bisa menambah jaringan atau kenalan kamu. Keluarga yang kamu punya di organisasi akan menjadi sahabat dekatmu. Aku membuktikan sendiri bahwa sampai saat ini, aku menemukan keluarga sekaligus sahabat yang tentu tidak bisa ku temukan ditempat lain. jodohpun bisa kamu temukan di organisasi. sudah banyak contoh orang yang sama-sama di organisasi akhirnya berjodoh dan membina keluarga bersama setelah tamat kuliah. keluarga di organisasi membantu kamu kalau seandainya kamu membutuhkan pertolongan dan bisa memudahkan kamu untuk memecahkan masalah kamu karena dengan bantuan orang lain. selain itu, jaringan atau pertemanan yang kamu punya ini juga dapat membantu kamu dalam menemukan pekerjaan, mereka membantu untuk memberikan informasi terkait pekerjaan. 

Peluang mendapatkan Beasiswa dan ikut ajang bergengsi 
Jika kamu masuk organisasi, kamu akan disebut sebagai aktivis kampus dan tentu saja sudah banyak tersedia beasiswa buat kamu. Meskipun IPK kamu tidak mencapai 3.5 tapi kamu bisa mengandalkan keaktifan kamu di organisasi. Selain itu, kamu juga bisa ikut berbagai pertemuan-pertemuan bergengsi di mulai nasional sampai internasional. Terbukti banyak mahasiswa yang ikut conference keluar negeri mewakili kampus Karena dia juga terlibat dalam suatu organisasi. Pengalaman yang sangat berharga dan kamu akan lebih bangga pada dirimu sendiri. 

Kamu lebih di kenal 
Organisasi membuat kamu lebih banyak dikenal orang. Secara tidak langsung kamu akan mudah dikenal dan tentu saja tidak hanya dikalangan mahasiswa tapi juga di jajaran Dosen, Dekan dan Rektor. Beruntungnya aku merasakan ikut serta kegiatan di fakultas karena sering diajak Dosen untuk menjadi Master Ceremony (MC) untuk acara seminar ataupun acara formal lainnya di Jurusan maupun di Fakultas, pengalaman berharga yang aku dapatkan yaitu aku bisa bertemu banyak petinggi dan juga mengikuti kegiatan yang bergengsi khusus jajaran Dosen-Dosen. 

Wadah untuk membelajarkan diri dan membelajarkan orang lain 
Belajar tentang kerjasama dan kesolidan tim bisa kamu dapatkan di organisasi. Kamu bisa mendapat banyak nilai-nilai kehidupan yang tidak bisa kamu dapatkan ditempat lain. membelajarkan orang lain artinya kamu juga bisa mengembangkan ilmu yang kamu dapat selama di organisasi untuk adik-adik yang masuk di organisasi yang kamu naungi. Jika  kamu pengurus organisasi, maka kamu lebih leluasa memberikan pelatihan-pelatihan kepada anggota yang lainnya. Pastinya kamu merasa sangat berguna menjadi seorang yang bermanfaat untuk orang lain. 

Banyak hal yang bisa dapatkan dengan bergabung dari sebuah organisasi, kamu bakal ngerasa rindu dan pengen balik lagi untuk bisa terus disana. Tapi jangan sampai kelamaan juga hingga terlena bernanung di organisasi, tetap selesaikan akademik kamu sesuai waktu yang ada (biasanya 4 Tahun untuk Sarjana S1) yang menjadi tujuan kamu kuliah. Karena pengalaman banyak dikampus harus kamu terapkan segera setelah keluar dari kampus. Ilmu yang dapatkan di bangku perkuliahan akan lebih baik jika diimbangi dengan organisasi. Kamu akan membuat orangtua kamu bangga karena kamu bisa berkarya dan mengharumkan nama kampus lewat pengembangan diri di sebuah organisasi. Kampus bisa menjadi tempat yang paling menyenangkan jika kamu menyibukkan diri dengan hal-hal yang bermanfaat dan organisasi menjadi wadah kamu berkembang dan juga bisa membentuk mental serta karakter kamu lebih baik lagi. 

Kamu jangan takut dengan masuk organisasi IPK kamu rendah, takut lalai dalam akademik. Hilangkan semua ketakutan itu, karena semua masih bisa teratasi jika kamu bisa memanage waktu kamu dengan baik. 

Alhamdulillah ketika kuliah saya tergabung di organisasi Unit Kegiatan Komunikasi dan Penyiaran Kampus Universitas Negeri Padang (UKKPK UNP), bergerak dibidang Komunikasi seperti Radio, MC dan Jurnalistik. Aku bersyukur bisa tergabung di organisasi ini sekaligus tergabung menjadi pengurus juga. Ilmu dan pengalaman serta keluarga yang ku dapatkan tidak bisa terbeli dengan uang. Satu hal yang aku percaya bahwa kita harus mau berproses di suatu organisasi, banyak hal yang sudah diberikan oleh organisasi ini, selain itu aku merasa bahwa dikampus adalah kisah yang tidak pernah aku lupakan dan tentu saja sangat menyenangkan. Mungkin karena aku menikmati setiap proses yang ada.

Aku tidak pernah takut IPK ku rendah atau turun. Nggak mau sombong, tetapi kalau boleh jujur, aku tetap bisa mengimbangi akademikku dengan menjadi IPK tertinggi di jurusan dengan Predicet Coum Loude, aku juga menjadi aktivis terbaik di Fakultasku. Namun, aku masih merasa banyak orang yang tentu lebih hebat dan lebih bagus dariku dalam berorganisasi dan juga kuliah.

Jadi, aku mau bilang bahwa masuk organisasi tidak akan pernah merugikan kamu, bahkan jika kamu sudah berkecimpung didalamnya dan menikmati setiap prosesnya, maka kamu akan merasa bahwa begitu banyak yang diberikan oleh organisasi tersebut untuk kamu. Ok, semangat menemukan passion di organisasi mana yang kamu mau. Semoga hidup kamu lebih bermakna dan disibukkan oleh hal-hal yang bermanfaat untuk orang banyak.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Raih Prestasi Internasional Berkat Menulis

Bernostalgia di Aplikasi Facebook

Writing By Heart