Cara Mudah Belajar Materi Tes Wawasan Kebangsaan Untuk CPNS


foto by google

Tes wawasan kebangsaan merupakan tes yang diberikan dibeberapa lembaga negara untuk mengetahui tentang kemampuan si pelamar. Biasanya tes ini tidak hanya diperuntukkan dalam tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), tetapi juga diberikan kepada siswa yang ingin melanjutkan kuliah dilembaga pemerintahan dalam negeri seperti STAN, IPDN dan Tes Polisi. 

Aku memiliki pengalaman mengajari orang yang ingin masuk di beberapa lembaga diatas dan juga untuk CPNS itu sendiri. sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan untuk mempelajari tentang materi wawasan kebangsaan itu, terutama kamu yang suka banget tentang sejarah negara Indonesia.

Sebelum itu kita harus tahu terlebih dahulu bahwa tes wawasan kebangsaan ini masuk dalam Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelejensi Umum (TIU), Tes Karakter Pribadi (TKP). Masing-masing juga memiliki nilai ambang batasnya, jadi kita harus mencapai skor yang diinginkan, untuk TWK: jumlah soal 35 nilai maksimal 175 dan nilai ambang batas 75. Jadi kamu harus benar kira-kira 15 soal untuk mencapai skor ambang batasnya. Dalam system ujian sekarang menggunakan Computer Assisted Test (CAT), jadi kamu bisa langsung tahu nilai kamu ketika selesai ujian. System ini juga dinilai bagus karena tidak ada rekayasa dan peserta bisa melihat nilai dilayar computer. 

Kali ini aku akan membahas bagaimana cara yang mudah untuk bisa memahami materi wawasan kebangsaan, yaitu:

  1. Kamu harus mengetahui apa saja materi yang diujikan dalam tes ini, biasanya yang sering di uji yaitu tentang Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945, NKRI, Demokrasi, HAM, Sejarah Nasional dan Internasional.
  2. Kumpulkan materi yang ada tersebut dengan rapi, kamu bisa mencarinya di internet atau buku, kalau kamu malas membaca kamu bisa membuat diagram atau mind map dari setiap materi yang ada agar memudahkan kamu mengetahui secara mendalam tentang materi tersebut. 
  3. Pahami materi tersebut secara mendalam karena materi yang berisi hafalan ini saling berkaitan, jadi kamu tidak bisa memisahkannya. 
  4. Gunakan kata kunci untuk mengetahui masing-masing materi. misalkan tentang pasal-pasal, kamu cukup mengambil bagian intinya saja. Contohnya, pasal 1 ayat 2 yang berbunyi “kedaulatan berada di tangan rakyat dan di laksanakan menurut Undang-Undang Dasar”. Kamu bisa ambil kata kunci “kedaulatan rakyat” 
  5. Jika kamu mempunyai waktu yang lebih sambil menghafal kamu bisa tulis ulang semua materi yang inti-intinya tersebut, supaya materi lekat dikepalamu. 
  6. Zaman sudah semakin maju, kamu bisa menggunakan mobile yang kamu punya untuk mendownload aplikasi tentang materi TWK. Cukup mudah disana juga ada sekaligus pembahasannya, jadi kamu bisa belajar. 
  7. Banyak membahas soal-soal di aplikasi yang kamu punya. Supaya kamu terlatih menjawabnya. 
  8. Jika kamu memiliki uang berlebih, kamu bisa mengikuti kursus agar materi kamu lebih terarah dan lebih mantap.
Mungkin itu cara yang bisa kamu lakukan sebelum tes CPNS nanti, jangan sampai kebut semalam ya, kamu harus punya persiapan supaya lulus. Jangan malas-malasan, kamu harus memiliki alternative agar mudah mengingat materi dan kamu harus terus belajar. Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk paham dengan suatu materi, jadi pakailah yang mana menurut kamu efektif dan nyaman di terapkan

Aku berdoa semoga yang akan tes nanti lulus CPNS, kebetulan aku juga ingin mencoba tesnya yang katanya buka di tahun ini. Semangat, semoga memang benar dan kita bisa lulus di tes ini. Sukses dan jangan berhenti berusaha

 Keep trying and pray for Allah.

Komentar

  1. Aku juga mau nyoba kak. Semoga urusan kita dilancarkan oleh Allah. Aamiin❤

    BalasHapus
  2. Kak, aku mau kakak post mengenai "Cinta dalam diam" dong kak hihihihi
    Haruskah aku menjadi Fatimah, yang mencintainya dalam diam atau Khadijah yang langsung mengutarakan iai hatinya ?
    Kasih tips dan saran yaa kak❤
    Aku tunggu postingan selanjutnya kak❤

    R.W.K.A

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Raih Prestasi Internasional Berkat Menulis

Bernostalgia di Aplikasi Facebook

Writing By Heart