Peran Pemuda Zaman Now Untuk Mengisi Kemerdekaan RI



foto: by Google 

Pemuda adalah generasi penerus bangsa, di tangannya bangsa ini akan berkembang dan maju. Banyak peristiwa sejarah memperlihatkan begitu besar peran pemuda. Sumpah pemuda yang dihasilkan pada kongres pemuda II juga memperlihatkan bahwa pemuda sungguh sangat berjasa dalam menyatukan bangsa. Selain itu, kemerdekaan indonesia juga tidak terlepas dari peran pemuda dengan mendesak soekarno untuk segera mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia. 

Bangga apabila membaca kisah perjuangan pemuda dimulai dari zaman dulunya. Takjub dan tidak pernah berhenti untuk mengangguminya hingga saat ini. Pergerakan organisasi pertama juga dimulai oleh sekelompok pemuda yang cendikiawan bernama wahidin sudirohusodo bersama pemuda lainnya membentuk Budi Utomo hingga lahirlah awal sejarah pergerakan Indonesia tanggal 20 Mei 1908 dan sampai sekarang dijadikan sebagai hari kebangkitan nasional setiap tanggal tersebut. 

Pemuda zaman dulunya memiliki pemikiran yang sangat kritis terhadap roda pemerintahan, mampu memberikan solusi dan tidak berambisi untuk kekuasaan. Memikirkan masalah bangsa dan menemukan solusi-solusi terbaik demi keutuhan NKRI. Kalau dibahas tentang pemuda indonesia memang tidak ada habisnya. 

Saat ini kita bisa melihat perbedaan yang sangat jauh pemuda dahulunya dengan pemuda saat ini. Tentu saja berbeda, hal ini tidak luput dari berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Pemuda saat ini sebenarnya memiliki peran yang sama dengan dahulunya yaitu menjaga kesatuan dan persatuan bangsa. bagaimana pemuda dapat bersikap dengan kemajuan yang ada sekarang?

Banyak sekali hal yang bisa dilakukan oleh pemuda saat ini. Berhubung sebentar lagi akan menuju hari kemerdekaan Republik Indonesia, seharusnya pemuda dapat mengevaluasi apa yang sudah diberikannya kepada negara ini? Nggak usah jauh-jauh deh, apa hal baik yang sudah kamu berikan untuk dirimu sendiri?. apakah kamu sudah melakukan kegiatan positif selama ini? Apakah kamu sudah menjadi orang yang bermanfaat untuk lingkungan sekitar? 

Zaman yang semakin canggih, teknologi yang ada bisa dimanfaatkan oleh pemuda zaman now. Namun sayangnya, kebanyakan dari pemuda saat ini tidak bijak dalam menggunakan teknologi yang ada, contohnya media sosial/dunia maya, ujaran kebencian/provokator dan hasutan terlalu lancang dan telanjang dikatakan di media tersebut. Seperti tidak berpendidikan dan tidak bermoral mudahnya menjatuhkan vonis kepada orang lain. Memang setiap orang memiliki hak mengemukakan pendapatnya didepan umum tetapi tidak boleh melanggar hak asasi orang lain seperti memburukkan dan melecehkan. Sebaiknya jika tidak suka, ujarkan solusi dan bantuan, tegur dengan baik tanpa menyakiti orang lain.

Pembelajaran tentang penggunaan media sosial juga bisa menjadi cerminan seseorang. Meskipun banyak orang mengatakan tidak semua yang ada di media sosial itu sesuai kenyataan, tetapi lebih banyak sama dengan kehidupan nyata si pengguna. Jadilah pemuda yang bijak dalam menggunakan media yang ada. manfaatkan semampu kita, tebarkan kebaikan dan manfaat yang bisa berdampak positif terhadap orang lain terutama diri kita sendiri. Pintarlah menyaring setiap informasi yang ada, jangan asal telan dan share begitu saja. Dampaknya bisa sangat luas lho. 

menurutku pemuda zaman now bisa memakai media ini sebagai suatu cara yang mampu mengembangkan kemampuannya. Contohnya menulis, maka banyaklah menulis dimedia yang ada, meskipun tidak banyak yang membaca, meskipun tulisanmu masih jelek dan perlu banyak belajar, tidak apa-apa teruslah belajar. Misalkan kamu ingin menjadi seorang fotografer, teruslah belajar menggunakan media yang kamu punya, memotret keindahan yang ada dan masih banyak lagi contoh yang bisa kamu tiru.

Bahkan media sosial bisa menghasilkan uang. Dibeberapa negara juga ada yang memasukkan media sosial sebagai salah satu jurusan dan fakultas. Begitu penting dan sangat majunya teknologi ini.

Jadi, pandai-pandailah memanfaatkan media yang kamu punya, jangan sampai kamu terbawa arus negative dari media yang ada. selain itu untuk menjadi pemuda yang keren kamu tidak harus adu kekuatan dengan tawuran, apalagi sampai melakukan tindakan criminal, sekarang zamannya untuk mengembangkan industri kreatif melalui teknologi yang ada. jangan berpikiran dangkal atau sempit karena sungguh banyak hal baik yang bisa dilakukan pemuda dalam mengisi kemerdekaan ini.

Maaf aku bukan maksud untuk menggurui siapapun, hal yang ku sampaikan juga berlaku untuk diriku sebagai pemuda zaman now, aku juga tidak pernah berhenti belajar dan terus merasa kurang ilmu, semakin kita belajar maka kita akan semakin paham bahwa ilmu yang dipunya tidak seberapa. Oleh karena itu, berbagi pengalaman dan pengetahuan tidak ada salahnya selama itu memberi dampak positif pada diri pribadi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Raih Prestasi Internasional Berkat Menulis

Bernostalgia di Aplikasi Facebook

Writing By Heart