Jangan Tinggalkan Orangtuamu di Panti Jompo


 (Foto Bersama para lansia, dokumentasi Komunitas We Save Society, 24/8/2014)

Aku senang ketika tahu komunitas kami mengunjungi salah satu Panti Jompo dikawasan Batu Sangkar Sumatera Barat, pengalaman pertama banget bagi aku untuk ikut kegiatan sosial ke Panti Jompo. Waktu itu masih dalam masa perkuliahan jadi kami memutuskan untuk pergi diwaktu libur hari minggu. Alhamdulillah kami disambut sangat antusias sekali oleh para orangtua yang lanjut usia disana. Berkali-kali kami melemparkan senyuman kepada mereka. 

Hatiku sedih sekali melihat orangtua yang berada di Panti Jompo tersebut. Bukan karena pelayanan dari Pantinya yang kurang baik, tetapi karena ada orang yang memiliki kecukupan harta namun enggan merawat orangtuanya. Saat disana aku berpapasan dengan keluarga yang menjemput orangtuanya dan mengajak keluar. Padahal kalau dilihat sebenarnya keluarganya cukup mampu mengasuhnya. Entahlah aku tidak tahu alasan seorang anak membawa dan meninggalkan ibunya di Panti Jompo. 

Kegiatan yang dilaksanakan di Panti Jompo tersebut selain memberikan bantuan, kami juga menghibur orangtua disana yang sepertinya sangat rindu dengan cucu-cucunya. Ada pemandangan dimana nenek terus nyinyir bertanya dan ternyata banyak juga yang multitalenta. Ada yang bisa berpuisi, berpantun ria dan juga ada yang bernyanyi. Kami sempat terharu dengan apa yang mereka tampilkan. 

Aku tidak pernah habis pikir kenapa ada seorang anak yang tega kepada orangtuanya. Ku lihat pemandangan nenek dan kakek yang duduk didepan pintu kamar di Panti menunggu kedatangan anaknya, miris memang, kejadian ini memukul aku untuk bisa jadi anak yang berbakti. Aku juga sempat bertanya kepada pengurus Panti tentang asal nenek dan kakek yang ada di Panti, pengurus Panti mengatakan bahwa nenek dan kakek tersebut masuk Panti Jompo karena memang terlantar dan tidak ada yang mengurus, tidak mampu dalam hal keuangan juga ada, tidak punya anak dan juga tidak diakui oleh anaknya juga ada bahkan ada yang memang sengaja meninggalkan orangtuanya padahal mereka kaya dan mampu. Sebagai pengurus Panti tentu menerima karena Panti Jompo memang diupayakan untuk mensejahterakan hari tua para lansia. 

Menurutku sekaya apapun dan semiskin apapun kita harus tetap mengurus orangtua kita yang sudah tua. Bakti kepada mereka bisa mengantarkan menuju pintu surga. Jangan banyak alasan untuk tidak mengurus mereka. Karena mereka tidak pernah punya alasan berhenti mengurus kita ketika kecil. Begitu mudah bagi seseorang meninggalkan ibunya atau ayahnya di Panti yang katanya lebih baik hidup disana. Padahal mereka sangat rindu diurus dan dilihat oleh anaknya.

Jadi, selagi orangtua masih ada, masih bersama kita saat ini maka bersyukurlah, karena kita masih diberi kesempatan untuk membahagiakannya. Buatlah mereka bangga dan senang berada bersama kita. Karena jasa mereka tidak pernah terbalas dengan apapun dan mereka tidak pernah meminta bayaran atas semua yang telah mereka berikan. 

Ok, please don’t leave your parents alone.I hope you always keep them.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Raih Prestasi Internasional Berkat Menulis

Bernostalgia di Aplikasi Facebook

Writing By Heart